SHARE
Loading...

Berapa lama Anda dapat bertahan tanpa makanan, mungkin seminggu atau sebulan, tetapi tanpa air? Mungkin sehari saja sudah terasa akibat buruknya.

Penyakit ini dapat diderita bila Anda mengabaikan minum air.

Loading...

Ada beberapa penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kurangnya minum air putih. Karena itu perhatikanlah berapa gelas air putih yang Anda minum setiap harinya.

Berapa lama Anda dapat bertahan tanpa makanan, mungkin seminggu atau sebulan, tetapi tanpa air? Mungkin sehari saja sudah terasa akibat buruknya.

Karena itu jangan lupa untuk minum paling sedikit 8 gelas air putih setiap hari. Apa saja penyakit yang dapat diderita bila Anda mengabaikan minum air?

1. Dehidrasi

Tentu saja inilah salah satu akibat utama bila Anda lupa minum cukup banyak air setiap harinya. Anda dapat merasa pusing, mual-mual, jantung berdebar cepat, sesak napas dan banyak lagi lainnya jika Anda mengalami dehidrasi.

2. Menjaga suhu badan

Air di luar dan di dalam badan menjaga suhu di kulit dan organ-organ dalam tubuh. Jika sistem pendingin ini tidak bekerja dengan semestinya karena Anda kurang minum air, Anda dapat mengalami kram, denyut nadi yang lebih cepat, pusing-pusing, badan merasa sangat capai, bahkan dapat mengakibatkan heat-stroke yang bisa berakibat fatal.

3. Zat kimia tidak seimbang

Dehidrasi dapat mengganggu banyak proses tubuh, seperti memberi organ tubuh oksigen, pembuangan produk sisa, dan lubrikasi tulang serta sendi-sendi. Misalnya sodium dan potasium terlibat dalam sinyal otak. Ketidak seimbangan zat kimia dapat mengakibatkan detak jantung tidak teratur, kejang dan perasaan sangat letih. Anda dapat mengalami gangguan kesehatan yang buruk, seperti gagal ginjal, pingsan, kekurangan darah dan syok.

4. Sembelit dan masalah pencernaan

Supaya pencernaan Anda berjalan lancar Anda harus minum air cukup banyak. Kekurangan air dapat bertumpuknya racun dan bertambahnya berat, dan Anda akan mulai merasa susah. Sembelit pada jangka lama dapat mendatangkan masalah kesehatan lainnya, termasuk syndrome kelebihan racun, alergi, dll.

5. Air dapat mengatur kalori

Selain kerugian-kerugian yang timbul bila Anda kurang minum air, ada pula manfaat dari minum air, antara lain mengatur kalori pada tubuh Anda. Banyak orang yang menjalankan diet memakai air untuk membuat perut merasa penuh. Memang tidak ada kaitan langsung dari air sebagai anti kalori, namun lebih baik minum air daripada minum soda yang mengandung banyak kalori, di sinilah terletak manfaat air. Makanan yang banyak mengandung air seperti buah, sayur, kacang-kacangan juga membantu Anda merasa lebih cepat kenyang.

6. Air membantu kulit lebih bagus

Kulit Anda mengandung banyak air dan berfungsi sebagai pelindung tubuh supaya tidak kehilangan cairan. Namun ini tidak berarti bahwa Anda dapat membuat kulit terlihat lebih segar dan kencang dengan minum air secara berlebihan Menurut seorang pakar kesehatan kulit dari Atlanta,

Kenneth Ellner, MD “Dehidrasi membuat kulit kelihatan kering dan berkerut, sesuatu yang dapat diperbaiki dengan minum air secukupnya, tetapi begitu tubuh Anda sudah menerima cukup banyak air, ginjal akan mengambil kelebihan air itu dan mengeluarkannya.” Anda juga dapat menjaga kelembaban kulit dengan memakai krim pelembab, ini menjaga supaya air tidak menguap.

7. Air menjaga kesehatan ginjal

Cairan pada tubuh mengirim produk-produk sisa dari dan ke dalam sel-sel. Racun utama dalam tubuh ialah urea nitrogen darah, produk sisa cair yang melewati ginjal untuk dikeluarkan dalam bentuk air seni. Menurut pakar kesehatan Guest, “Ginjal Anda melakukan pekerjaan luar biasa dalam membersihkan tubuh Anda dari racun-racun selama Anda minum air yang secukupnya,”

Bila Anda minum air yang cukup, air seni Anda mengalir lancar, warnanya terang dan tidak berbau. Jika Anda kurang minum air maka warna, bau dan banyaknya air seni terpengaruh karena ginjal memerlukan lebih banyak cairan untuk fungsi tubuh. Jika Anda sering kali kurang minum air, Anda cenderung terkena batu ginjal, khususnya di daerah yang lebih panas.

Loading...