Gigi berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Dengan adanya proses mengunyah, wajar jika sisa makanan terselip di sela-sela gigi. Namun demikian, sisa makanan ini harus segera dibersihkan karena jika dibiarkan, sisa makanan tersebut bisa membusuk dan menjadi sumber bakteri sehingga menyebabkan bau mulut serta kerusakan gigi.

Kebanyakan orang menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan, namun tusuk gigi tak jarang malah mengakibatkan luka akibat tak sengaja menyodok gusi. Nah, kali ini Cerpen akan bagikan cara alternatif untuk membersihkan sisa makanan yang menyelip tanpa menggunakan tusuk gigi berikut ini.

Loading...

Cobalah untuk kumur dengan air teh. Bakteri dalam mulut kebanyakan bersifat asam, sedangkan teh bersifat basa. Selain menyeimbangkan kadar asam basa pada mulut, kumur dengan air teh juga bisa bermanfaat membersihkan minyak di mulut serta sisa makanan yang terselip. Waktu terbaik untuk kumur air teh adalah tiga menit setelah selesai makan, dengan durasi tak kurang dari 30 detik.

Sobat Cerpen, jika setelah kumur air teh kamu melihat masih ada sisa makanan yang menyelip di gigi, gunakanlah dental floss (benang gigi) untuk membersihkannya. Dengan demikian nafas tetap segar dan gigi tetap sehat!
Selamat mencoba!

Sumber: Healthdaily/Cerpen.co.id