Panca indra tentunya memiliki masing-masing fungsi. Tidak hanya satu fungsi loh ternyata! Ada fungsi-fungsi lain yang sebelumnya tak pernah kamu duga. Seperti lidah, selain membantu menikmati makanan lezat, lidah juga memiliki fungsi penting untuk menunjukkan kondisi kesehatan.

Kamu pernah ke dokter? Pasti saat memeriksa dokter memintamu untuk menjulurkan lidah. Ternyata dokter sedang memeriksa ukuran, warna, dan tekstur lidah untuk mendiagnosis suatu penyakit loh.

Loading...

Oleh karena itu agar kamu bisa lebih waspada, kami akan merangkum berbagai kondisi warna-warna lidah yang berhubungan dengan kondisi kesehatanmu dengan harapan kamu bisa mengenali lebih cepat bagaimana kondisi kesehatanmu saat ini.

1. Merah Muda (Pink)

Warna lidah yang sehat adalah pink atau merah muda terang dan lembab, maka jika lidah kamu memiliki warna merah gelap, menandakan ada peradangan dalam tubuh.

2. Cerah kemerahan

Saat lidah berwarna merah menjadi tanda menderita anemia. Lidah merah bisa menjadi gejala kekurangan vitamin B12. Kekurangan itu bisa menyebabkan kekelahan dan anemia.

3. Kekuning-kuningan

Jika lidah berwarna kekuning-kuningan tandanya tubuh kelebihan bakteri. Lidah yang kekuning-kuningan juga merupakan indikasi tubuh terlalu panas.

4. Putih seperti krim

Lidah yang berwarna putih merupakan indikasi infeksi jamur mulut. Kondisi ini paling sering terjadi pada orang tua, bayi atau orang-orang yang mempunyai kekebalan tubuh yang kurang. Namun jika lidahmu ada lapisan tebal putih itu tandanya kamu punya masalah di hati dan kantung empedu.

5. Kehitaman

Lidah yang memiliki warna kehitaman tandanya jika orang tersebut terlalu banyak merokok. Selain itu kondisi ini juga didukung kebiasaan seseorang yang kurang menjaga kebersihan rongga mulut. Meski tidak berbahaya namun kebersihan mulut juga wajib untuk dibersihkan.

BONUS: Jika lidah penuh bintik-bintik, kemungkinan besar Anda rentan terhadap alergi. Namun jika lidahmu kering itu tandanya kamu sedang tanda stres, karena kelenjar ludah tidak berfungsi optimal. Jika adanya semacam retakan atau lekukan pada permukaan lidah atau sisi lidah, maka kamu mengalami gangguan autoimun yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Salah satu penyakit turunannya adalah diabetes.

Nah sekian pemaparan berbagai warna lidah, namun meskipun begitu jika kamu ingin lebih yakin kamu bisa langsung bertemu dan berkonsultasi dengan dokter ya, supaya kamu makin yakin. Semoga bermanfaat..

Sumber: Tribun