Setiap gerakan yang kita lakukan setelah bangun tidur itu bakalan berpengaruh banget dengan lancar tidaknya aktivitas kita seharian. Kenapa? Karena kalau kita melakukan gerakan yang salah sehabis bangun tidur, yang ada kita malah pusing, gak bertenaga, emosi gak stabil sepanjang hari dan akan mengganggu aktivitas kita. Apa sih emangnya gerakan tabu yang gak boleh kita lakukan sehabis bangun tidur? Yuk langsung aja cekidot!

1. Langsung duduk tegak sehabis bangun tidur

Loading...

Ketika kamu bangun, tubuhmu membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi dan berganti dari kondisi tidur hingga bangun sepenuhnya. Kalau kamu langsung duduk tegak, kamu akan mengalami pusing-pusing serta penglihatan yang buram. Untuk yang usianya lebih lanjut, kondisi terparah yang bisa dialami adalah serangan jantung ataupun tersumbatnya darah yang mengalir ke otak.

Usahakan untuk melakukan gerakan setelah kamu bangun tidur. Gosok kedua telapak tanganmu hingga panas dan usap bagian wajahmu hingga 10 kali seperti sedang cuci muka. Kemudian pukul bagian pinggang dan punggungmu ringan-ringan dengan tangan setengah terkepal sekitar 10 kali. Pukul ringan-ringan juga bagian paha dan betismu. Gerakan ini bertujuan untuk menghangatkan tubuhmu sehingga kamu pun siap untuk beraktivitas!

2. Langsung buang air kecil

Ketika bangun tidur, metabolisme dan detak jantung kita akan pelan serta tekanan darah kita juga akan menurun. Jika kita langsung pergi buang air kecil, maka kandung kemih yang terlalu cepat dibuang akan menyebabkan tekanan darah semakin menurun drastis dan akhirnya menyebabkan darah yang dibutuhkan otak tidak cukup. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak langsung pergi ke toilet sesaat setelah bangun tidur. Kalau kamu kebelet banget untuk ke toilet, cobalah untuk duduk sejenak selama 1-2 menit, dan lakukan peregangan sejenak lalu ke toilet.

3. Makan sarapan

Pada pagi hari, air liur serta sekresi lambung kita akan lebih sedikit, sehingga jika kita langsung makan setelah bangun tidur, apalagi makanan yang berat seperti daging, maka yang ada cuma akan menghambat sistem pencernaan kita seharian. Oleh karena itu, Mimin saranin untuk minum segelas air putih dulu sebelum sarapan pagi. Setelah minum air putih, jangan makan sarapan dulu selama beberapa menit untuk menambah cairan dalam tubuh yang sempat hilang ketika tidur. Selain itu, air putih juga bisa berguna untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuhmu.

4. Males-malesan di tempat tidur

Menurut para ahli, kalau seseorang terlalu lama dalam posisi tidur-tiduran, maka sistem pernapasan dan metabolisme tubuhnya juga tidak akan berjalan dengan baik selama seharian penuh. Selain itu, orang yang sering memasang alarm hingga berlapis-lapis dan langsung bangun dan pergi cuci muka setelah alarm-nya bunyi berkali-kali, tubuhnya akan kaget karena bangun terlalu mendadak dan akhirnya membuat suasana emosi hatinya menjadi tidak stabil. Hal ini akhirnya mengakibatkan orang tersebut juga akan mudah panik sehingga selama seharian emosi menjadi labil dan susah dikontrol. Oleh karena itu, disarankan untuk bangun secara perlahan-lahan dan jangan terlalu lama males-malesan di atas ranjang
ya!

5. Langsung melipat selimut

Menurut para peneliti, selimut yang kita pakai pada saat kita tidur memiliki 1 juta ekor tungau lebih yang hidup di dalamnya. Tungau ini sendiri tidak gampang berkembangbiak pada suhu ruangan yang panas dan kering, tapi di selimut kita yang hangat dan lembab karena terkena keringat kita di malam hari, tungau menjadi lebih gampang berkembangbiak disana. Ketika kita tidur, karbon dioksida serta keringat kita keluarkan akan diserap oleh selimut kita sehingga tungau menjadi lebih bebas berkembangbiak di selimut kita. Selain itu, jika kita langsung melipat selimut kita, maka tungau ini mungkin saja bisa terhirup oleh kita dan pastinya gak bagus banget buat kesehatan kita.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membawa selimut yang kita pakai ini dijemur di bawah sinar matahari setelah kita bangun tidur untuk menghindari tungau ini berkembang biak di balik selimut kita setiap hari.

6. Tidak membuka gorden jendela

Sering gak sih kamu bangun tapi berasa masih ngantuk dan gak melek? Coba deh buka gorden jendelamu sehabis kamu bangun tidur! Sinar matahari dari luar akan membuat badanmu berhenti memproduksi melatonin dan akan mengalirkan darah lebih banyak ke otak sehingga kamu menjadi melek untuk bekerja seharian.

7. Berolahraga berat

Olahraga yang terlalu berat akan membuat saraf di tubuhmu terlalu hyper sehingga akan mengganggu sistem saraf utama tubuhmu. Hal ini akan mengakibatkan dirimu menjadi gampang panik seharian dan paling parah hingga serangan jantung.

Terus kalo gitu, hal apa sih yang mesti kita lakuin setelah bangun pagi?

1. Melakukan peregangan

Ketika kita bangun pagi, sistem pencernaan, peredaran darah serta metabolisme kita pasti akan melambat dan akhirnya membuat kita merasa males banget untuk bangun dan gak bertenaga untuk menjalani hari yang baru. Oleh karena itu, ada baiknya kamu melakukan peregangan pada pagi hari, dari bagian kepala, tangan, pinggang, hingga kaki. Coba lakukan gerakan ini selama 70 detik deh setiap bangun pagi!

2. Cubit telingamu perlahan-lahan

Agak aneh sih, tapi ini berguna banget loh untuk membangunkan otak kamu. Gerakan gampang banget kok, kamu cuma perlu menekan bagian lubang telingamu dengan kedua telapak tanganmu. Lalu dengan ketiga jari telunjuk, tengah dan manismu, tekan bagian belakang telinga secara perlahan-lahan selama beberapa detik. Dengan begini, bukan cuma bisa melek sepenuhnya, tapi daya ingatanmu akan semakin tajam, memperlancar peredaran darah serta terhindar dari resiko tekanan darah tinggi.

3. Pijat bagian betis dan paha

Dengan menggunakan kedua tangan, pijat bagian paha hingga lutut secara perlahan-lahan. Kemudian, dari lutut hingga tumitmu, pijat bagian luar betismu secara perlahan-lahan. Ulangi gerakan ini hingga 9 kali untuk setiap kakimu. Gerakan memijat ini bakalan berguna untuk menjaga kesehatan peredaran darah di kakimu.

4. Memijat bagian kepala

Banyak orang yang merasa kelelahan ketika bangun pagi dan tidak bersemangat untuk menjalani harinya. Jika kamu orangnya, maka kamu boleh deh coba memijat bagian kepalamu secara perlahan setiap pagi. Gerakan memijat ini akan membantu untuk merilekskan bagian saraf di kepalamu serta melancarkan peredaran di bagian kepalamu. Kamu pun akan terhindar dari penyumbatan darah di bagian otakmu deh!

5. Mencuci muka

Ketika kita tidur, muka kita akan mengeluarkan racun yang ada pada kulit sehingga kulit kita akan berminyak dan pastinya ini gak bagus banget untuk kecantikan kulit kita. Jadi jangan lupa untuk mencuci muka setelah bangun pagi ya!

6. Menggosok gigi

Kuman dan bakteri akan berkumpul di dalam mulut kita selama kita tidur sehingga gak jarang akan mengakibatkan bau mulut ketika kita bangun tidur. Jika kita tidak langsung menggosok gigi setelah bangun pagi, kuman yang terkumpul di dalamnya akan membahayakan kesehatan dalam rongga mulut kita. Usahakan untuk menggosok gigimu selama 2 menit lebih untuk memastikan kuman yang ada pada mulutmu benar-benar bersih seluruhnya.

7. Mengetuk-ngetuk gigimu

Gerakan mengetuk-ngetuk gigimu seperti gambar di atas bisa memperkuat gusi, akar gigi, dan batang gigimu loh! Selain itu, gerakan ini juga akan membantu untuk mencukupi jumlah air liur dalam rongga mulutmu sehingga akan memperlancar penyerapan makanan. Kamu bisa melakukan gerakan ini dimulai dari barisan gigi depanmu sebanyak 30 kali ketukan, kemudian diganti dengan barisan gigi belakangmu sebanyak 30 kali ketukan juga.

Sekarang udah tahu 7 hal yang boleh dilakukan dengan yang gak boleh dilakukan setelah bangun pagi kan? Semoga bermanfa’at 😉