Batuk dan radang tenggorokan kerap kali muncul saat tubuh sedang kelelahan dan tidak fit. Imun tubuh yang sedang rentan membuat tubuh lebih mudah untuk terpapar berbagai penyakit seperti batuk.

Kendati termasuk salah satu penyakit ringan namun batuk bisa mengganggu kenyamanan bila tidak segera ditangani. Alih-alih mengkonsumsi obat, kamu bisa mencoba sederet bahan alami yang efektif untuk meredakan batuk, lho. Selain lebih alami, berbagai bahan ini juga mudah dijumpai di pasaran

Loading...

Bahan-bahan:

Batang serai
Jahe
Gula merah
Gula pasir
Cara pembuatan:

Cuci bersih jahe dan potong menjadi kecil-kecil, dan potong batang serai lalu geprek.
Parut atau potong gula merah menjadi kecil-kecil atau halus.
Setelah itu rebus air kurang lebih 2 gelas, lalu masukkan serai dan jahe tersebut.
Usahakan semua bahan terendam oleh air, dan tunggu hingga air tersebut mendidih dan berubah warna menjadi kuning kehijauan.
Kemudian masukkan parutan gula merah kedalam panci yang berisi rebusan daun serai dan jahe tersebut.
Lalu aduk hingga merata, dan gula merah benar-benar larut.
Setelah itu masukkan 3 sdm gula pasir, lalu aduk lagi hingga gula pasir larut.
Setelah air sudah mendidih dan semua bahan larut, tuang rebusan tersebut ke dalam gelas.
Minum ramuan ini secara rutin sampai batuk dan pilek mereda.
Usahakan minum sebelum tidur, dan rasakan pada keesokan harinya.
Jika kamu sudah mengkonsumsi ramuan ini secara rutin, namun batuk atau pilek belum mereda, segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan dari dokter ahli. Semoga bermanfaat.

video lengkapnya:

(Disclaimer:Sebelum Mencobanya/mempraktekanya harus ada bimbingan dari orang yang mengerti dan ahli di bidangnya .silahkan dibaca dahulu dan dipahami jadikan dulu sebagai pengetahuan, sekiranya bermanfaat sebarkan dan sekiranya masih ragu cukup jadi pengetahuan buat kita sendiri.karena tidak semuanya cocok dengan keinginan kita.semua artikel bersumber dari berita online, kami tidak bertanggung jawab apabila ada sesuatu yang terjadi).

Sumber: Youtube