Lutut adalah struktur tubuh manusia yang paling kompleks, yang menahan beban paling berat, pergerkan persendian juga yang paling besar, sehingga kerusakan pada bagian lutut juga sering terjadi. Terutama bagi orang yang berusia 45 tahun ke atas, lutut akan mengalami deformasi secara bertahap,, bengkak, nyeri dan jika sudah parah, sampai tidak bisa berjalan.

Nyeri lutut biasanya disebabkan oleh penuaan dan degenerasi, terlalu lama berdiri, dipaksa bekerjaa sehingga mengalami cedera.

Loading...

Nah, disini kita bakal mengajari gimana cara mengatasi sakit lutut.
Hanya butuh waktu 5 menit loh!

Langkah ini dapat digunakan untuk gejala yang meliputi: nyeri ketika naik tangga, susah jongkok, paha sakit, sendi lutut sakit, dan sering merasakan sakit pada daerah sekitar lutut.

1. Dengan tangan kosong

Temukan titik nyeri, kemudian tekan pada bagian tersebut.

2. Peregangan diri

Duduk di tempat tidur/matras, dengan posisi kaki lurus ke depan. Kemudian tekuk lutut yang sakit ke belakang dan perlahan-lahan tidur terlentang. Biarkan agar lutut tetap menempel di matras (dapat meminta bantuan orang untuk menekan secara ringan agar lutut tidak mengawang). Pertahankan posisi ini sekitar 2-5 menit. (lihat gambar di bawah ini)

Semakin bertambahnya usia, orang menjadi semakin tidak lentur, seperti halnya mesin yang sudah lama, mesin akan lama-lama menjadi keras dan susah digerakkan. Meski hal ini tidak bisa dihindari, tapi paling tidak ada beberapa cara untuk memperlambat hal ini terjadi.

Seorang profesor pengobatan tradisional Tiongkok menjelaskan, di dalam tubuh kita ada 3 bagian yang berguna dalam mencegah terjadinya nyeri pada lutut, yaitu bagian lutut atas, dalam, dan luar.

Pijat ketiga bagian ini.

1. Duduk di kursi dengan kedua kaki lurus ke depan secara alami, letakkan satu jari telunjuk pada lutut atas(salah satu tangan). Kemudian dengan tangan satunya, letakkan ibu jari dan telunjuk pada bagian lutut dalam dan luar.

2. Tekan ketiga titik pada saat yang bersamaan sekitar 3-5 menit. Baru kemudian menggosoknya secara perlahan dengan telapak tangan 3-5 menit.

3. Ulangi gerakan ini 5-8 kali setiap harinya, maka nyeri pada lutut lama kelamaan akan hilang.

Selamat mencoba ya sobat cerpen! Yuk share artikel ini ke teman-temanmu 🙂

Sumber: the health/ Cerpen.co.id