Apakah kamu pernah melihat orang yang punya “punuk” di leher belakang

Ya, gundukan lemak di atas pundak dan di belakang leher, biasanya disebut punuk leher. Bentuknya seperti punuk unta, makanya disebut penyakit punuk. Biasanya masalah ini sering dialami oleh wanita gemuk di Indonesia.

Loading...

Dokter mengatakan bahwa umumnya punuk leher ini tidak akan mengakibatkan gangguan kondisi kesehatan yang serius. Namun pada dokter mengatakan bahwa gejala ini jangan dibiarkan begitu saja, karena bisa saja menjadi gejala awal dari kista, tumor atau pertumbuhan abnormal lainnya.

Apa yang menyebabkan munculnya punuk pada leher belakang?

– faktor keturunan
– kelainan tulang belakang
– osteoporosis
– tumor kulit
– konsumsi obat-obatan secara berkala
– tumpukan lemak akibat obesitas

Jika punuk leher dibiarkan saja, maka gejala yang akan terjadi selanjutnya adalah:

1.Bahu dan otot leher akan selalu terasa tegang dan kaku. Selain itu juga jadi gampang lelah

2. Mudah nyeri leher dan nyeri punggung. Sering pusing, mata kabur, pelupa, dan sering ada anggota tubuh yang mati rasa. Karena pada dasarnya punuk ini akan meningkatkan ketegangan seluruh otot tubuhmu.

3. Sesak dada, insomnia, jantung berdetak cepat, dan tekanan darah tinggi

Ironisnya, dengan kurangnya pengetahuan masih banyak masyarakat langsung memilih operasi pengangkatan tumor sebagai solusi. Padahal, seperti yang kita ketahui, untuk melakukan operasi pembedahan tentunya diperlukan biaya yang cukup besar.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan punuk pada leher belakang?

1. Berdiri tegak di dinding

Berdiri tegak dan bersenderlah ke dinding. Pastikan mulai dari kepala, punggung, sampai tumit kaki menempel lurus ke dinding. Dengan kita berdiri seperti itu, punuk akan terhimpit badan dan dinding, sehingga punuk akan lebih mudah kempes. Tapi ingat jangan dorong atau paksakan terlalu keras, karena hal ini malah akan menyebabkan faktor penyakit lainnya. Lalukan hal ini 3 menit setiap Anda bangun atau sebelum tidur.

2. Memilih bantal khusus

Pernahkah kamu merasakan saat bangun tidur leher terasa kaku dan kencang sehingga sakit jika digerakkan? Meskipun belum tentu bantal yang menjadi penyebabnya tetapi setidaknya bantal yang pas dengan tubuh akan menyebabkan tidurmu terasa nyaman.

Oleh sebab itu bagi orang yang memiliki punuk di lehernya, sangatlah dianjurkan untuk memilih bantal melengkung seperti foto di atas. Selain baik untuk kesehatan, juga baik untuk kesehatan leher dan tulang belakang.

3. Melakukan gerakan refleksi

Caranya duduklah dengan posisi punggung yang tegak lurus. Lalu usahakan dagumu menyentuh leher. Dengan gerakan ini maka peredaran darah pada leher akan menjadi lancar dan otot leher menjadi rileks. Lakukan gerakan ini selama 1 menit sebanyak 5 kali.

4. Melengkungkan tubuh

Berlututlah di matras, lalu lengkungkan tubuhmu seperti foto di atas. Pastikan tangan dan bahumu terbuka lebar, dan posisi lutut seperti mau merangkak. Lalu angkat kepalamu menghadap ke langit, maka di situlah leher belakangmu akan terasa. Lakukan gerakan ini selama 1 menit sebanyak 5 kali.

5. Gerakan mau terbang

Berlututlah dengan kedua kaki ditekuk rapat, lalu condongkan dadamu ke depan dengan punggung yang lurus. Buka kedua tanganmu seperti mau terbang, dan angkatlah kepalamu menghadap ke langit. Lakukan gerakan ini selama 1 menit sebanyak 5 kali.

Jadi, jika kamu mengalami gejala punuk leher di atas, jangan dibiarkan begitu saja. Cepat periksa ke dokter atau lakukan upaya penyembuhan ya 🙂

Sumber: LF

Loading...